Tipe Lensa

Jenis lensa kacamata tersedia dalam beberapa bentuk, diantaranya Lensa 1 focus, Lensa 2 focus, Lensa 3 focus ( lensa Progressive ) , Lensa Progresif untuk keperluan khusus (hobby/ komputer), dan Lensa Khusus ( lensa untuk anti mata lelah)

1. Lensa 1 Focus

Lensa konvensional untuk myopia, hyperopia, dan Silindris hanya terdiri satu ukuran, dimana digunakan untuk koreksi jarak jauh saja atau jarak dekat khusus untuk  baca. Lensa 1 focus tersedia dalam desain spherical, aspherical, dobel aspherical, dan desain - desain lainnya, dimana masing-masing memberikan kenyamanan penglihatan yang berbeda – beda.

2. Lensa Bifocal

Pasien Presbyopia yang menggunakan kacamata baca khusus untuk membaca harus mengganti kacamata ketika ingin melihat jarak jauh. Untuk menghilangkan gangguan seperti itu, sebuah lensa yang dikenal sebagai lensa 2 focus, telah dibuat 1 bagian untuk jarak dekat dan 1 bagian untuk jarak jauh. Yang paling sering digunakan saat ini adalah desain lensa 2 focus yang memiliki porsi untuk jarak pendek di bagian bawah lensa.

3. Lensa Progressive

Lensa progresif didesain dengan ukuran yang berubah secara halus  mulai dari ukuran jauh ke ukuran dekat. Lensa progresif memberikan penglihatan untuk dekat, menengah, dan jauh dan membuat kacamata Anda lebih gaya karena lensa progresif tidak mempunyai garis pembatas, tidak seperti lensa 2 focus. Karena hal tersebut lensa progresif sering digunakan untuk presbiopia yang memiliki koreksi refraksi. Di OPTIK PURNAMA kami menyediakan berbagai macam desain lensa progresif sehingga Anda dapat memilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Lensa Progressive untuk Kebutuhan Khusus (hobby/ komputer)

Lensa ini memiliki perubahan ukuran yang bertahap: bagian atas lensa berfokusjarak menengah, seperti layar komputer dan seterusnya, sedangkan bagian bawah adalah untuk membaca, sehingga ketika membaca buku dan beraktifitas dekat menjadi lebih jernih. Lensa ini bisa menggantikan kacamata baca atau bisa menjadi kacamata tambahan bagi para pecinta hobi dan pengguna komputer yang lebih banyak beraktifitas menengah – baca dimana tidak nyaman dengan lensa progresif biasa.

5. Lensa Khusus ( lensa untuk mengurangi mata lelah )

Lensa Anti-mata lelah adalah lensa satu focus terkini yang dirancang untuk meringankan gejala-gejala mata lelah. Gejalanya adalah mata terasa panas dan kaku, sakit kepala, mata merah dan penglihatan mata kabur yang disebabkan kerja dalam waktu yang cukup lama di depan komputer atau membaca.